Manfaat Lada Hitam

Para peneliti telah lama mencari efek menguntungkan dari lada hitam. Ternyata tak hanya bermanfaat sebagai bumbu masak, lada hitam  juga memiliki khasiat mengontrol lemak dalam darah.

Seperti dikutip laman Times of India, Kamis, 31 Mei 2012, sejumlah ilmuwan meneliti titik-titik piperin yang menimbulkan bau khas dan tajam pada lada hitam. Dari hasil pengamatannya, peneliti menyimpulkan, piperin dapat memblokir pembentukan sel-sel lemak baru.

Soo-jong Um, Ji-Cheon Jeong dan rekan satu timnya menjelaskan, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa piperin juga berkhasiat mengurangi kadar lemak dalam aliran darah dan memiliki efek kesehatan lain yang menguntungkan.

Lada hitam dan tanaman lada hitam, memang telah digunakan selama berabad-abad dalam dunia pengobatan tradisional orang Timur. Kebanyakan dari mereka meyakini lada hitam mampu mengobati gangguan pencernaan, nyeri, peradangan dan gangguan lain.

Para ilmuwan juga mendapatkan informasi tentang bagaimana piperin bekerja pada tingkat molekuler paling dalam. Dari situlah mereka berangkat untuk mendapatkan informasi lebih jauh lagi tentang efek piperin sebagai anti lemak.

Studi laboratorium juga menunjukkan, piperin berguna untuk “mengganggu” aktivitas gen yang mengontrol pembentukan sel lemak baru. Piperin memicu reaksi metabolisme berantai yang membantu menjaga lemak.

Peneliti yakin, temuan mereka tentang manfaat lada hitam dapat diperluas untuk pengobatan obesitas. Studi ini telah dipublikasikan dalam  ACS’ Journal of Agricultural and Food Chemistry.


About these ads
Comments are closed.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 97 other followers

%d bloggers like this: